suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Indonesia and IT careers

Hari ini saya akhirnya membalas posting yang ada di fistek2000 at yahoogroups dot com. Ternyata topik yang dibicarakan adalah seputar melihat kembali Indonesia kita yang tercinta ini dan membandingkannya dengan negara-negara tetangga. Nggak terasa, ternyata saya menulis cukup banyak dan akhirnya saya posting juga di blog ini.

Kalo ngomong soal Indonesia dan perbandingannya dengan negara2 lain emang kita masih harus prihatin. Akhir-akhir ini saya banyak explore soal overseas work opportunity terutama di dunia IT. Rasanya kita udah
kalah beberapa tahun dengan negara2 tetangga kaya filipina, singapura, bahkan India. Banyak sekali perusahaan india yang sudah go international, bikin cabang sampai di middle east, Singapore, UK, Australia, bahkan banyak juga yang sudah ada di US. Parahnya lagi, banyak banget diantara perusahaan-perusahaan india ini yang juga menawarkan jasa outsourcing dan executive search. Dimana-mana loh, dari puluhan job sites yang udah sempat saya samperin, pasti banyak banget agent yang nama-nama contact nya adalah nama orang india, termasuk beberapa company yang sempat kontak saya juga kebanyakan orang india.

Alhasil, mereka sangat mendominasi akses informasi tentang pekerjaan di seluruh dunia. Efeknya adalah, kita orang indonesia ga punya bargaining position yang tinggi terhadap mereka. Salah satu penyebab ini semua adalah karena orang indonesia masih malu-malu, males-malesan, belum (kalau ga mau disebut “tidak”) punya cita-cita yang tinggi, merasa asik dengan comfort zone-nya (dengan mengandalkan slogan tongkat dilempar jadi tanaman, dll). Akhirnya, ga ada usaha untuk meningkatkan kualitas diri dan mengeksplorasi kesempatan diluar dari yang dijalani saat ini. Tentunya tidak semua orang indonesia seperti ini, tapi kita butuh lebih banyak orang lagi yang mau membuang jauh-jauh paradigma seperti ini.

Contoh nyata yang saya lihat adalah, bulan-bulan ini adalah persiapan bagi agen-agen executive search untuk merekrut tenaga ahli IT untuk mendapatkan visa kerja (H1B) di amerika serikat. Saya banyak lihat pengumuman walk in interview untuk proses ini yang diadakan di Delhi (India), Bangalore (india), Mumbai (india lagi), Sinapore dan malaysia. Belom pernah saya lihat ada yang mo langsung dateng ke Jakarta. Kurang ngerti juga sih kenapa begini. Tapi sepertinya karena agen-agen tersebut berpikir, ngapain ke Indonesia kalo nanti yang minat untuk ke US cuman 10 orang. bener kaan ?? Jadi kalo yang bener2 niat harus bela-belain ke kuala lumpur atau singapore cuman untuk interview, cape deehh… 😦

Lain dengan di india. Dari bangku kuliah, udah sangat dipersiapkan untuk punya kemampuan kelas internasional, dan begitu lulus, mereka udah punya relasi yang kuat dengan perusahaan-perusahaan consulting yang bisa menempatkan mereka di perusahaan sekelas Yahoo, Google, Microsoft, Sun Microsystem, Oracle, Cisco, dan ratusan lainnya yang mungkin cuman jadi mimpi bagi sebagian besar mahasiswa disini.

Advertisements

February 13, 2008 - Posted by | Inside my mind | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: