suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Journey to get here, the background (part 1)

This is a big step in my life.. I start a new part of another story of my life, here in Kuala Lumpur, Malaysia

Sebenarnya bisa dibilang sudah cukup terlambat untuk menceritakan ini, karena belakangan ini mood untuk menulis kayanya tidak muncul-muncul juga. Tapi karena saya anggap ini bukan kejadian yang “biasa”, maka jadilah tulisan ini.

Saya berusaha menyampaikan cerita ini dengan cukup detail, salah satunya agar dapat menjadi sedikit pencerahan bagi teman-teman yang ingin melakukan hal yang sama, tapi belum mengetahui caranya. Cukup sering saya mendengar pertanyaan seperti bagaimana sih caranya kerja di luar negeri, kok bisa dapat kerja disana, apa aja yang perlu dipersiapkan kalau mau ke luar negeri, urusan visa gimana, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang senada dengan itu. Daripada saya menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang, mungkin ada baiknya untuk membaca blog ini terlebih dahulu.

Dimulai dari sekitar akhir tahun 2007, waktu itu ada beberapa teman kantor di tempat saya bekerja yang mengundurkan diri (lulus, begitu kami biasa menyebutnya) dan pindah bekerja. Hal ini dilakukan oleh beberapa orang dalam periode yang tidak lama, berurutan dan hanya berjarak beberapa minggu saja. Beberapa diantara mereka memutuskan untuk bekerja di perusahaan lain di Jakarta, dan beberapa pindah ke luar negeri. Kasus yang saya sebut terakhir inilah yang akhirnya membuat saya jadi ikut terpacu (hehehe..) apalagi setelah satu teman dekat saya juga mengundurkan diri karena akan pindah ke middle east.

Akhirnya sayapun semakin berniat untuk melakukan hal yang sama. Dulu sebenarnya saya sudah mencoba melakukannya dalam perjalanan singkat saya ke Singapore, tapi waktu itu belum membuahkan hasil apa-apa, mungkin belum waktunya.

Langkah pertama yang saya ambil adalah, ambil serifikasi Java (SCJP 5.0) karena saya anggap sertifikasi dengan standar internasional punya peran penting untuk mencapai tujuan saya, dan sepertinya memang tidak salah. Setelah belajar cukup intensif selama sekitar 1 bulan (2-3 jam per hari), akhirnya saya ambil test dan mendapat hasil yang cukup memuaskan, setidaknya buat saya pribadi. 🙂

Next step, see u at part 2…

June 29, 2008 - Posted by | My Days | , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: