suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Journey to get here, the process (part 2)

Ini adalah lanjutan dari posting saya sebelumnya, jika anda belum baca part 1, monggo silahkan dibaca dulu.

Setelah mendapat sertifikat Java tersebut, saya mulai mencoba untuk membuat daftar riwayat hidup, atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan Curriculum Vitae (CV) atau resume. Saya buka kembali file-file lama saya, melihat-lihat, apakah ada yang bisa saya ambil untuk membuat CV yang baik. Dengan bantuan tips dari jobstreet dan banyak situs-situs lain, saya mencoba untuk membuat CV yang kira-kira good enough untuk dipajang di job portal.

Kesimpulan sederhana saya tentang sebuah CV adalah:

  1. Bear in mind, jangan asal-asalan, beri perhatian serius saat menulis CV. Ini adalah modal pertama untuk mendapatkan perhatian dari calon employer. Mereka akan melihat dan men-judge kita pertama kali berdasarkan CV kita, tentu karena mereka sama sekali tidak kenal kita (hal yang sangat logis).
  2. Tulis semua yang berkaitan dengan diri kita secara ringkas, rapi, dengan bahasa inggris yang baik. Jangan mencantumkan hal-hal yang tidak relevan seperti hobi, tokoh idola, tinggi dan berat badan, dll. Ini akan membuat CV kita seolah-olah tidak ber-“isi”.
  3. Uraikan secara singkat tentang apa yang jadi modal (kekuatan) kita, dan obsesi kita di masa yang akan datang. Tonjolkan semua yang bisa kita berikan untuk perusahaan, jika mereka akhirnya meng-hire kita.
  4. Cantumkan prestasi yang sudah kita peroleh. Di poin ini, saya cuma bisa menyertakan sertifikat SCJP dan beberapa sertifikat yang saya peroleh dari hasil online test di brainbench.
  5. Kalau Anda bekerja di bidang IT seperti saya, list of projects will be a strong magnet to attract the employer. Oleh karena itu, cantumkan project-project yang pernah kita lakukan beserta dengan deskripsi singkat tentang lingkup project dan peran kita di project tersebut.

CV selesai, berikutnya adalah registrasi di job portal – job portal populer. Saya mendaftar di portal-portal berikut (seingat saya):

Langkah berikut, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, search, kirim, sampai capek dan kadang bosan.. Tapi yah, memang mungkin harus begini caranya, ya saya lakukan saja.

Sekarang saya bekerja di bidang IT untuk industri perbankan (banking industry). Selain mengirim lamaran melalui job portal, saya juga mengakses website-website perusahaan vendor yang bermain di bidang yang sama, mencari halaman “career” dan mencari apakah ada posisi yang sedang vacant disana. Ada cukup banyak lamaran yang saya kirim secara langsung lewat email ke alamat yang tercantum di website-website tersebut.

Beberapa lamaran yang saya kirim membuahkan hasil. Ada beberapa perusahaan atau agen yang menghubungi saya lewat telepon, menanyakan apakah saya bersedia untuk menjalani proses interview lebih lanjut dengan perusahaan mereka. Dari antara telepon-telepon tersebut, tidak banyak yang sampai ke tahap yang lebih serius. Ada yang hanya menelepon sekali, lalu menghilang. Yang serius, seingat saya, ada 1 perusahaan di Singapore, 2 perusahaan di arab, dan 1 agen India yang menawarkan pekerjaan sebagai developer di salah satu bank besar di Qatar. Saya beberapa kali dihubungi lewat telepon untuk negosiasi gaji dengan agen India ini, tapi akhirnya batal karena tidak kunjung ada kesepakatan. Gaji yang ditawarkan sebenarnya cukup lumayan, tapi saya berpikir, kalau harus ke middle east, ya harus dapat gaji yang gede sekalian (jauh soalnya, repot kalau mau balik, hehe).

To be continued in part 3 …

Advertisements

June 29, 2008 - Posted by | My Days | , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: