suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Belajar Java, mulai dari mana ?

Java, my world, my passion..

Java is in the golden age, every programmer hears about “write once, run everywhere”. The promises are platform independent, open standard, pure object oriented, high performance, rapid development, managed environment, safe, etc, etc..

Pertanyaan ini sangat sering saya temui, baik di mailing list, di forum programmer, atau dari teman-teman. Biasanya orang bertanya hal ini karena sering mendengar tentang Java, teman-teman pakai Java, kemudian ingin tahu apa itu Java, tapi bingung apa yang harus dipelajari pertama kali. Umumnya, orang yang ingin  belajar Java akan bingung harus mulai dari mana. Ini cukup dapat dimaklumi, karena Java sedikit berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain.

Sebagai contoh, kalau mau belajar Visual Basic, pasti install Visual Basic dulu, kemudian baca help atau cari tutorial. Mau belajar PHP, tinggal download PHP, install, baru coba-coba. Mau belajar Dot Net, install dulu Visual Studionya. Almost all are quiet straightforward, tidak banyak pilihan, yang akan membuat kita sedikit kebingungan, seperti yang biasa ditemui orang saat akan belajar Java. Di Java, kita akan selalu berhadapan dengan pilihan-pilihan. Untuk yang sudah berpengalaman, hal ini sangat bagus, karena kita bebas memilih arsitektur, platform, tools yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tapi buat yang baru akan belajar, ini memang bisa menjadi mimpi buruk, dan akhirnya membatalkan niat untuk belajar Java, bahkan sebelum dia mulai belajar. Saya harap, Anda tidak termasuk golongan yang terakhir ini, hehe..

Ok, kita mulai dengan “Java” nya. Java adalah general purpose programming language, artinya bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi dengan tujuan umum seperti aplikasi desktop, web, mobile, sampai ke aplikasi skala enterprise. Jadi dengan bahasa yang sama, yaitu bahasa Java, kita bisa membuat berbagai jenis aplikasi dengan menggunakan peralatan dan library yang tepat untuk tujuan kita tersebut. Java adalah bahasa dengan konsep Object Oriented Programming (OOP) murni, bukan OOP setengah-setengah seperti yang ada di beberapa bahasa lain yang ingin menyelipkan konsep OOP di pemrograman yang dasarnya adalah prosedural.

Aplikasi yang dibuat menggunakan Java dapat dijalankan di berbagai hardware dan dan sistem operasi tanpa harus melakukan compile ulang dari source code. Hal ini dimungkinkan karena adanya Java Virtual Machine (JVM) menerjemahkan byte code hasil kompilasi source code Java ke kode mesin yang spesifik untuk tiap platform hardware dan sistm operasi. Oleh karena itu, kita membutuhkan JVM yang ada di dalam JRE untuk menjalankan aplikasi berbasis Java.

Secara umum, ada 3 edisi Java:

1. Java Standard Edition (Java SE)
Berisi library dasar, class-class yang paling sering dibutuhkan seperti tipe data (string, integer, dll), input-output atau I/O, kumpulan utilities, dan library untuk membuat graphical user interface (GUI).
Ada 2 distribusi untu Java SE.
Java SDK (Java Software Development Kit) berisi library dasar plus tools yang kita butuhkan untuk men-develop aplikasi (compiler, debugger, dll).
JRE (Java Runtime Environment) berisi library dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.
Jadi JRE adalah subset (bagian dari) Java SDK, dengan menginstall Java SDK, kita sekaligus mendapatkan JRE. Untuk belajar membangun aplikasi Java, kita membutuhkan Java SDK. Keduanya bisa didownload dari website Sun Microsystem disini untuk Java SDK dan JRE.

2. Java Enterprise Edition (Java EE)
Yang perlu diingat, Java EE adalah spesifikasi, bukan berupa barang berwujud nyata. Ada banyak vendor software atau komunitas opensource membuat software berupa application server yang mengikuti standard Java EE sehingga disebut Java EE compliant application server. Application server ini memungkinkan kita untuk membuat aplikasi berskala enterprise (biasanya menggunakan web interface, tapi tidak selalu) dengan lebih mudah karena application server sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk aplikasi kita. Contoh application server adalah Glassfish, Oracle AS, JBoss, IBM Websphere, dll. Apache Tomcat adalah salah satu webserver/webcontainer untuk aplikasi web Java yang cukup terkenal, tapi bukan termasuk Java EE application server karena tidak menyediakan semua service yang ada di spesifikasi Java EE.
Full Java EE compliant application server menyediakan berbagai service seperti web container, messaging, web service, mail, directory service, database connectivity, distributed transaction, remoting, persistence, dan lain lain.

3. Java Mobile Edition (Java ME)
Edisi Java yang ini menyediakan library dan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi yang akan dijalankan di mobile devices, seperti handphone dan PDA. Anda tentunya sudah sering mendengar handphone yang punya fasilitas J2ME atau Java ME. Itu berarti kita bisa menjalankan aplikasi yang dibangun dengan Java ME di dalam handphone tersebut. Aplikasi yang bisa dibuat beragam, mulai dari game, organizer hingga aplikasi mobile banking. Saya pribadi kurang mendalami tentang Java ME, jadi mohon maaf bila penjelasannya terlalu umum.

Setelah mengetahui ketiga edisi Java tersebut, saya harapkan kita sudah mendapat sedikit pencerahan mengenai apa itu Java dan apa saja yang bisa kita lakukan bersama Java.

Selanjutnya, yang pertama kali harus dipelajari dari Java bahasa pemrogramannya itu sendiri, bagaimana mengcompile dan menjalankan aplikasi Java. Ini berkaitan dengan sintaksis penulisan source code, konsep OOP, dan penggunaan tools yang tersedia di Java SDK. Untuk mempelajari itu semua, kita membutuhkan yang namanya Java SDK. Silahkan download, kemudian install di komputer Anda. Jika Anda pengguna setia windows, instalasi Java SDK sangat mudah, tinggal ikuti wizard dan tekan next, next, ….., finish. Lokasi instalasi Java SDK ini biasanya disebut dengan JAVA_HOME, misalnya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0, tergantung dari versi Java nya. Untuk memudahkan proses kompilasi dan eksekusi, lakukan setup environment variable seperti berikut (untuk windows):

  • Klik kanan di My Computer, pilih properties. Pilih tab Advanced, klik tombol Environment Variables.
  • Di bagian System variables, klik New. Buat environment variable baru dengan nama JAVA_HOME dengan value lokasi instalasi Java SDK Anda (misal: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0).
  • Edit variable PATH, kemudian tambahkan lokasi direktori bin dari dari instalasi Java. Misal instalasi Java nya ada di: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0, maka tambahkan ;C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin di belakang value yang sudah ada.

Kita akan mulai dengan membuat sesuatu yang sangat terkenal, aplikasi Halo Dunia, atau orang biasa menyebutnya Hello World application.

1. Buka notepad, ketik kode berikut. Ketik, bukan copy dan paste, please…


public class HaloDunia {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Halo Dunia, pake Java nih !");
    }
}

Save dengan nama file HaloDunia.java.

Note: Kalo di notepad, waktu save biasanya harus pakai kutip ganda di nama filenya. Jadi begini “HaloDunia.java”. Kalau tidak, notepad akan otomatis menambah ektensi “.txt” di file yang kita buat.

2. Compile source code. Buka command prompt, pindah ke direktori tempat Anda menyimpan file HaloDunia.java. Kemudian ketik:

javac HaloDunia.java [ENTER]

Java compiler (javac) akan mengkompile file source code java dan hasilnya adalah file HaloDunia.class.

3. Eksekusi aplikasi. Di command prompt tadi, ketik:

java HaloDunia [ENTER]

Jika Anda melihat tulisan seperti gambar berikut,

Output HaloDunia
Output HaloDunia

Congratulation, welcome to Java.. !

Selanjutnya, silahkan mendalami Java sesuka yang Anda mau. Ada sangat banyak resource yang tersedia di internet untuk membantu kita belajar Java. Rekomendasi saya, Java Tutorial dari website SunMicrosystem (http://java.sun.com/docs/books/tutorial/information/download.html), lengkap, sangat membantu.

Selamat belajar, keep the spirit !

Advertisements

July 5, 2008 - Posted by | Java | , ,

21 Comments »

  1. terima kasih telah memberikan saya tentang jenis java karena saya sekarang baru belajar java

    Comment by syaifullah | October 27, 2008 | Reply

    • Selamat datang, semoga betah pake Java.

      Comment by suhearie | March 5, 2009 | Reply

  2. kthx

    Comment by doez | October 28, 2008 | Reply

  3. kerja bagus pak…
    thank buat infonya..
    jadi pengen belajar ah…

    Comment by ganjar | December 19, 2008 | Reply

  4. Oh bedanya itu toh. hmm makasih

    Comment by Bintang | March 15, 2009 | Reply

  5. oke master makaci buaaaaaaaaaanget

    Comment by dwi programer | June 3, 2009 | Reply

  6. satu koreksi dikit
    “Klik kanan di My Computer, pilih tab Advanced, klik tombol Environment Variables.”

    seharusnya pilih properties dulu 😛

    (supaya pembaca pemula lebih paham ^^)

    Comment by fathur | February 21, 2010 | Reply

    • Yup, thanks bro koreksinya 🙂

      Comment by suhearie | February 21, 2010 | Reply

  7. kalau mau develop Web Service, berarti sebaiknya download yang Java Enterprise Edition (Java EE), ya?

    Comment by erricgunawan | June 19, 2010 | Reply

    • Yup..

      Comment by suhearie | July 6, 2010 | Reply

  8. terima kasih buat ilmunya pak..
    ini sangat membantu saya dalam memulai java..

    Comment by amrico | November 26, 2010 | Reply

  9. Good luck belajarnya 😀

    Comment by suhearie | November 26, 2010 | Reply

  10. mantap gan ane jadi bisa mndalami sedikit” nih gan sukses buat para” agan nih hehehe

    Comment by ihsan | March 1, 2011 | Reply

    • Semangat gan..

      Comment by suhearie | September 19, 2011 | Reply

  11. makasih banyak mas…..

    saya pingin banget belajar java tapi bner2 kesulitan awalnya……..

    yang coding di atas saya udah berhasil…trus step selanjutnya apa mas????

    Plisss banget mas klo berkenan T_T

    Comment by David Robby Sanjaya | June 15, 2011 | Reply

  12. Mau tannya nie kk,,,
    Saya udah ngikutin cara2 diatas, trus pas saya coba jalanin d Cmd ada tulisan “javac is not recognized as an internal or external command operable program or batch file”

    Kira2 kenapa y? apa ada yg kurang???
    Masih newbie soalnya,,
    Makasih,,,

    Comment by octav | September 15, 2011 | Reply

    • Kalo ketik javac masih diresponse error seperti itu berarti directory tempat javac.exe nya masih belum masuk di variable PATH. Coba ketik:
      echo %PATH%
      Harusnya kamu bisa lihat directory javac nya disitu, kalo tidak ada berarti setting di Environment Variables nya masih belum benar, coba periksa ulang. Please note: setelah melakukan setting environment variablenya, kmu harus buka window command prompt baru karena command prompt yang lama (yang sudah dalam keadaan terbuka) tidak akan terupdate dengan setting yang baru.

      Comment by suhearie | September 19, 2011 | Reply

  13. saya juga udah ngikutin cara2 diatas, trus pas saya coba jalanin d Cmd ada tulisan “javac is not recognized as an internal or external command operable program or batch file”

    terus saya ketik: echo %PATH% (di CMD)

    muncul C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin

    tapi saya ketik javac HaloDunia.java

    tetap muncul: “javac is not recognized as an internal or external command operable program or batch file”

    Kenapa??
    Mhn pencerahannya, masih newbie

    Comment by parwoto | October 24, 2011 | Reply

    • C:\Program Files\Java\jdk1.6.0\bin itu kan hanya contoh aja. Emang install java nya bener di directory itu? Kalau misal install Javanya di directory lain, ya path nya harus disesuaikan. Misal, kalo install nya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_30 ya path nya diset ke C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_30\bin

      Comment by suhearie | January 26, 2012 | Reply

  14. This is what i search to begin in java… thenkyu infonya sangat bermanfaat….

    Comment by dian | January 26, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: