suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Java Enterprise, mulai dari mana ? (part 3 – Eclipse & JBoss)

Ini sebenarnya hanya perbandingan saja, saya ingin mencoba membuat aplikasi yang persis sama dengan yang ada di artikel sebelumnya. Bedanya, di part 2, saya membuatnya dengan IDE Netbeans dan mendeploynya di Glassfish, sedangkan kali ini saya akan menggunakan IDE Eclipse 3.4 for Java EE developer dan mendeploynya di JBoss versi 4.2.2.

Karena di Java kita punya banyak pilihan, semoga artikel ini bisa memberi gambaran tentang alternatif-alternatif yang bisa kita gunakan, sekaligus menunjukkan bahwa aplikasi yang sama bisa dideploy di atas 2 application server yang berbeda tanpa harus melakukan banyak perubahan.

Di artikel ini saya tidak akan mengulang penjelasan tentang apa itu Java EE dan modul-modul yang terdapat di dalamnya. Silahkan lihat artikel ini untuk overview Java EE, dan artikel itu untuk penjelasan komponen Java EE yang digunakan di dalam contoh aplikasi ini.

1. Download dan install

Eclipse 3.4 for Java EE developer bisa didownload dari http://www.eclipse.org/downloads/. JBoss bisa didownload di http://www.jboss.org/jbossas/downloads/, saya menggunakan versi 4.2.2 GA. Ekstrak file-file zip tersebut ke komputer Anda, selanjutnya saya akan menyebut direktori instalasi eclipse sebagai ECLIPSE_HOME dan direktori instalasi JBoss sebagai JBOSS_HOME.

2. Register JBoss ke Eclipse

Klik menu Windows -> Preferences. Pilih item Server -> Runtime Environments di tree. Kemudian klik tombol Add untuk meregister application server baru ke dalam eclipse.

Di wizard New Server Environment, pilih JBoss -> JBoss v4.2, klik next, browse JBOSS_HOME anda, kemudian klik finish. Hasilnya, kita bisa melihat server JBoss kita teregister di eclipse, dan kita bisa mengontrol server ini seperti halnya Netbeans mengontrol Glassfish.

Continue reading

September 1, 2008 Posted by | Java, Java Enterprise | , , , , , , | 15 Comments