suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Fitur baru di Java SE 6 (Mustang)

Meskipun Java SE 6 sudah lama beredar, sepertinya tidak salah untuk me-review  kembali hal-hal baru yang ditawarkan oleh Java SE 6 (dikenal dengan nama Mustang), tentunya dengan membandingkannya dengan Java SE 5. Secara umum, tidak ada hal yang benar-benar baru dari sisi arsitektur bahasa Java nya sendiri. Pengembangan lebih banyak dilakukan pada API, utilities, dan integrasi beberapa library yang sebelumnya merupakan komponen tambahan diluar JDK yang harus didownload secara terpisah.Berikut ini beberapa hal yang saya anggap menarik untuk dibahas. Tentunya ada banyak hal lain yang ada di Java SE 6 tapi tidak saya bahas disini karena kurang menarik (menurut saya).

  1. JDBC4
    • Silahkan hapus kode untuk me-load class JDBC driver
      Jika JDBC driver yang Anda gunakan mendukung spesifikasi JDBC4, Anda tidak perlu me-load driver class. Langsung saja panggil DriverManager.getConnection() method untuk membuat koneksi ke database. DriverManager akan secara otomatis me-load driver class yang ada di classpath.

      			// tidak perlu load class driver
      			// Driver driver = (Driver) Class.forName(dbDriver).newInstance();
      
      			// tidak perlu register ke driver manager
      			//DriverManager.registerDriver(driver);
      
      			// Langsung saja buat koneksi
      			Connection conn = DriverManager.getConnection(dbUrl, dbUser, dbPswd);
      
    • Support untuk national character set (NCHAR, NVARCHAR, NCLOB), untuk kolom yang menyimpan character Unicode. Dari ResultSet object, kita bisa memanggil method getNString, getNCharacterStream, dan getNClob.
    • Support untuk tipe data baru SQLXML (untuk kolom yang menyimpan data XML)
    • Ada beberapa annotation yang seharusnya digunakan untuk JDBC4, tapi pada akhirnya tidak jadi diimplementasikan.
  2. Kompilasi source code Anda sendiri
    Java 6 kini menyediakan API standar untuk melakukan kompilasi dari Java source code menjadi Java class. Menariknya lagi, kita bisa melakukan kompilasi source code yang ditulis secara dinamis di memory (tanpa ada file fisiknya), dan kemudian langsung dieksekusi saat itu juga menggunakan reflection.
  3. Desktop & System Tray support
    Melalui class java.awt.Desktop, sekarang Anda bisa membuka, meng-edit, bahkan mencetak (print) file yang ada di disk komputer Anda, langsung dari aplikasi Java dengan memanfaatkan konfigurasi dari sistem operasi, misalnya MS-Word untuk file .doc, Adobe untuk file pdf, dll. Anda juga bisa menyuruh default browser untuk membuka URL tertentu. Java SE 6 juga menyediakan API untuk menampilkan icon dan menu di system tray (yang biasanya ada di pojok kanan task bar) melalui class java.awt.SystemTray.
  4. Cara mudah untuk melakukan sorting/ordering dan filtering di Swing table
    Class javax.swing.table.TableRowSorter mempermudah kita untuk menyediakan fitur untuk melakukan sorting berdasarkan kolom tertentu di tabel standar Swing (JTable class). Tinggal buat object TableRowSorter dan panggil method jTable.setRowSorter(), maka user akan dapat melakukan sorting dengan meng-klik header kolom tertentu. Selain sorting, filtering juga dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan class javax.swing.RowFilter.
  5. Mengeksekusi script
    Integrasi scripting di aplikasi Java sekarang dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan class javax.script.Manager dan javax.script.ScriptEngine. Saat ini, scripting yang didukung secara default adalah Javascript. Anda dapat membuat aplikasi yang memungkinkan user untuk menuliskan logic yang ditulis dalam Javascript, dan kemudian dieksekusi secara langsung dari aplikasi Java Anda.
Advertisements

November 12, 2012 - Posted by | Java | ,

1 Comment »

  1. English translation

    Comment by krishna | April 14, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: