suhe arie's pages

Programmer juga manusia

Mencoba jawab (bukan cuma baca) di StackOverflow

Anda mungkin sudah familiar dengan StackOverflow, terutama bagi Anda yang sering mencari solusi permasalahan programming secara online. Website ini memang menyimpan ribuan bahkan mungkin jutaan pertanyaan dan jawaban seputar programming dan teknologi informasi secara umum, Google pun sering menampilkan halaman dari website ini ketika kita melakukan pencarian online. Tapi, apa Anda pernah berkontribusi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada disana? Hehe..

Beberapa waktu lalu, saya iseng-iseng mencoba membuat akun di StackOverflow karena kebetulan ingin bertanya sesuatu tentang Google App Engine. Ternyata cukup menarik juga, karena dengan adanya akun ini, saya bisa mengajukan pertanyaan dan juga menjawab pertanyaan orang lain. Menarik, karena jika kita memberikan jawaban untuk pertanyaan orang lain, dan orang tersebut menganggap jawaban kita benar (bisa menyelesaikan permasalahan yang diajukan), maka kita akan mendapat poin dan reputasi. Saya lihat beberapa orang punya poin sampai puluhan ribu poin. Saya jadi berpikir, mulai dari kapan mereka ikutan StackOverflow, dan berapa jam dalam sehari mereka habiskan untuk menjawab pertanyaan orang-orang itu. Mungkin, ga pake tidur, haha..

Beberapa hal menarik lainnya:

  • Dilihat dari jumlah tag, ternyata jumlah pertanyaan berkaitan dengan C# (dotnet) mengungguli jumlah pertanyaan yang berkaitan dengan Java. Ternyata, perkiraan saya bahwa jumlah pertanyaan terbanyak adalah Java ternyata salah πŸ™‚
  • Pertanyaan baru muncul sekitar 5-10 detik sekali. Cukup mengagumkan, berarti banyak sekali orang yang punya masalah dengan programming.
  • Respon (jawaban, atau comment) untuk pertanyaan baru juga sangat cepat. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang sederhana, respon pertama bisa muncul kurang dari satu menit setelah pertanyaan diposting oleh si penanya. Jadi, kalau mau jawab, mesti balapan dengan orang-orang ini.
  • Beberapa pertanyaan menurut saya cukup mengganggu. Pertanyaan yang menurut saya mengganggu adalah pertanyaan tugas kuliah yang hanya di copy/paste, pertanyaan yang terlalu umum yang membuktikan bahwa si penanya tidak berusaha sedikitpun sebelum bertanya. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini biasanya akan di ‘flag’ negatif oleh user lainnya, bahkan mungkin akan di bekukan (put on hold). Jadi kalau Anda mau bertanya disana, berusahalah dulu baru bertanya.

Ok, sekian dulu.. Saya mau ke StackOverflow lagi untuk coba cari pertanyaan-pertanyaan yang bisa saya jawab.

Opps.. website nya down, alias tidak bisa diakses. Besok coba lagi deh πŸ™‚

Advertisements

April 13, 2014 - Posted by | My Days

1 Comment »

  1. English…!!!!!!!

    Comment by krishna | April 14, 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: